5 Makanan khas aceh yang harus dicoba ketika berkunjung ke aceh

Aceh terkenal memiliki sumber daya alam yang melimpah termasuk rempah rempah untuk bumbu masakan lada dan pala. Kuliner khas aceh telah menyebar ke seluruh provinsi bahkan manca negara. Beberapa makanan yang terkenal dengan julukan serambi makkah ini antara lain mie aceh, soto aceh, anjang-anjang, kuah pilek dan lain sebagainya. Sedangkan untuk minumah khas yang terkenal dari aceh adalah kopi khop, es rujak aceh, sanger dan lain sebagainya.

Makanan Khas Aceh

  1. Mie aceh

Bahan utama dari mie acah adalah tepung tapioka. Mie aceh cukup terkenal hingga ke manca negara meski memiliki sebutan yang berbeda, misalnya di jepang disebut mie aceh disebut sebagai mie ramen.

Mie aceh sering dicampurkan dengan kepiting, udang, cumi-cumi ataupun ayam, tergantung selera masing masing. Sama dengan jenis mie instan lainnya, dalam proses pengolahannya dapat disajikan dalam bentuk goreng basah, goreng atau rebus, juga tergantung selera masing masing.

Dari segi pengolahannya, mie aceh tidak membutuhkan resep khusus, akan tetapi yang membedakannya dengan jenis mie kuah lainnya adalah jenis mie yang digunakan. Mie acah memiliki ukuran yang lebih besar (sebedar lidi) dan panjangnya disesuaikan dengan alat pemotong.

View this post on Instagram

Reposted from @byviszaj – Assalamualaikum, Buat masakan favorit suami yang dari kemarin pengen banget makan Mie Aceh. Mie Aceh Tumis itu punya kuah sedikit nyemek" gitu yang berbumbu, jadi rasanya enak banget, lain dari mie goreng atau mie rebus. Di Surabaya sini juga jarang banget yang jual Mie Aceh jadi yuk buat sendiri😍😋 . . Mie Aceh Tumis By : @byviszaj . (Untuk 2-3 porsi) Bahan : 200gr mie lidi/mie kuning basah/mie telur, rebus, tiriskan 100gr daging sapi 6 bawang merah, iris 1 tomat besar, diblender Segenggam tauge 2 sdt Kari Bubuk 2 sdt Jinten Bubuk 1-2 sdm Kecap manis Kecap asin Air secukupnya Garam Gula Bumbu Halus : 5 cabe merah 3 bawang putih 3 kemiri 1cm jahe (Tumis bumbu halus sampai matang dan berubah warna) Caranya : – Cuci daging lalu potong" dadu, sisihkan. Tumis bawang merah iris sampai wangi, masukkan bumbu halus tumis sebentar – Masukkan daging sapi aduk" lalu masukkan jus tomat, aduk rata. Bumbui dengan sisa bahan lainnya. Tambahkan air secukupnya untuk kuah. Cek rasa, Masak sampai daging empuk – Masukkan mie dan tauge aduk" sebentar sampai bumbu agak meresap lalu matikan api, sajikan Pelengkap : Emping Acar bawang merah+ cabe rawit ijo Kacang goreng Timun . . #mieaceh #mieacehtumis #resepmieaceh #resepmieacehtumis #kulineraceh #kulineratjeh #olahanmie #resepmakanan #resepdapur #resepsimple #resepsehat #masakanrumah #kulinernusantara #masakanindonesia #anekaresepmasakan #resepmasakannusantara #masakannusantara #berbagiresep – #regrann

A post shared by Kulineraceh (@kulineratjeh) on

  1. Soto Aceh

Tidak hanya soto lamongan, padang, dan betawi akan tetapi aceh memiliki kuliner soto khas aceh. Sekilas tampilannya mirip dengan soto betawi sama sama menggunakan kuah santan  dan menggugah selera. Beberapa jenis rempah yang digunakan dalam resep soto khas aceh ini adalah dalam salam, serai, kemiri, ketumbar hingga jahe.

https://www.instagram.com/p/B0YH_zalYLL/
  1. Sie Reuboh

Pada saat lebaran baik indhul fitri maupun idhuladha biasanya banyak yang melakukan penyembelihan hewan ternak. Diaceh besar dan sekitarnya biasanya daging tersebut dijadikan menu masakan khas aceh berupa sie reuboh (daging yang direbus). biasanya daging yang dibuat sebagai sie reuboh adalah daging lamur (daging sapi atau kerbau bagian ketiak).

Memasak sie reuboh masih menggunakan alat tradisional yaitu memakai tembikar. Hal ini yang mendasari harus menggunakan cara cara tradisional seperti ini adalah agar daging yang dimasak benar-benar matang secara keseluruhan. Selain itu, penggunaan kuali tanah bertujuan agar cita rasa yang dihasilkan lebih pekat bila dibandingkan dengan kuali besi pada umumnya.

Konon katanya sekali mencoba rasa sie reuboh diyakini membuat ketagihan. Rasanya asam, gurih sedangkan begian teksturnya cukup memikat yakni warna kuning terlihat cerah.

Selain itu sie reuboh dijadikan salah satu menu andalan rumah makan di aceh, dengan begitu anda dapat membelinya kapanpun di aceh tanpa perlu menunggu lebaran,

  1. Sie Reuboh

merupakan daging yang diawetkan dengan menggunakan cuka enau. Sie reuboh memiliki rasa pedas, gurih, asam dan aroma yang begitu harum. kelezatan masakan ini tergantung pada daging yang digunakan. biasanya bahan untuk pembuatan Sie reuboh adalah daging has dalam dan has luar. karena daging ini lebih lembut dengan demikian akan lebih mudah memasaknya

https://www.instagram.com/p/B0umDBwly7q/
  1. Jruek Drien
makanan khas aceh

Merupakan masakan yang sering ditemukan ketika musim durian di aceh selatan. Gulai asam drien lebih dikenal bagian barat dan selatan aceh.

Bahan yang diperlukan

  • Santan kelapa secukupnya
  • Sayur-sayuran yang diinginkan, biasanya terung hijau, kacang panjang, daun melinjo, daun tapak leman, sere, on krut atau daun jeruk purut. Semua bahan ini diiris sampai halus
  • Durian yang difermentasikan, ditempatkan pada botol/toples hingga menjadi asam. Manis juga bisa, sesuai selera saja.

Bumbu yang dihaluskan

  • 6 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 cabe merah
  • Sedikit lengkuas
  • Kunyit 1/2 cm, biasanya ditambah bumbu lain yang sesuai dengan selera.

Cara memasak

  • Pertama semua bahan (kecuali durianyang sudah difermentasikan) ditempatkan pada satu wadah selanjutnya diaduk dengan bumbu halus. Letakkan diatas kompor, selanjutnya masak dengan dengan santan cair terlebih dahulu. Setelah setengah matang, santan kental dituang dan tunggu hingga matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *